Senin, 09 Juli 2018

ILMU MENGENAL DIRI
MENGENAL LETAK PERSEMBUNYIAN ALLAH TA'ALA




di emailkan oleh rajaryzalkelayang@gmail.com
Ketika seseorang menempuh jalan mengenal diri baik secara fiqih maupun secara makrifat dan tirakat maka ketika itu pula dia akan mulai mencari dimana sebenarnya aku dan dimana sebenarnya AKU yang menjadi tuannya aku itu,pada hakikatnya setiap manusia itu bertuan dan tidak dapat lepas dari memiliki majikan atau juragan sebab dengan memiliki juragan maka diri manusia yang hidup itu akan memiliki satu spirit atau keyakinan tenang dalam menjalani kehidupan,baik di dunia tambah tambah lagi di dunia yang bathin..ibarat orang kalau bekerja pada suatu perusahaan tentu akan memiliki bos atau majikan dan tentu saja bila bila waktu dia mengalami kekurangan uang maka dia dapat meminjam paling tidaknya kepada sang bos..bagaimana pula perasaan yang di hadapi oleh orang yang ndak punya majikan atau juragan..? tentu segala sesuatunya akan selalu mencemaskan sebab jika terjadi masalah maka dia akan menghadapi nya sendiri..kemana akan meminjam uang dan nama apa yang akan di seru atau di panggil..oleh sebab itu jalan yang harus di tempuh untuk mengenal siapa juragan itu tentulah dengan mengenal terlebih dahulu karyawan yang di miliki oleh sang juragan,sebab biasanya dimana mana juragan sebuah perusahaan besar memang tersembunyi tempatnya,tidak mudah di temui kecuali harus melalui perkenalan dengan karyawan di perusahaan tersebut kelak karyawan ini lah yang akan memberi tahu siapa nama juragan itu,bagaimana sipat tabiat juragan tersebut dan dimana letak kantor atau office sang juragan lengkap dengan tata cara bagaimana prosedur menemui nya...begitu lah gambaran tentang penting nya mengenal diri agar kenal siapa tuhan nya diri.

saya yakin dan percaya sekali bahwa saat ini tidak ada lagi manusia di muka bumi ini yang tidak mempercayai bahwa sesungguhnya segala sesuatu itu di gerak kan oleh tuhan semesta alam,bagaimana pun buruk nya keadaan saat ini namun jelas jaman dan masa jahiliyah sudah lama berlalu dimana pada jaman jahiliyah orang orang masih buntu akal dan pikirannya..ketika sudah menyadari bahwa segala sesuatu itu di gerak kan oleh tuhan maka sesungguhnya terbuka lah begitu mudah dan nikmatnya hidup ini sebab batu dan besi di gerak kan oleh tuhan maka jika kita memerlukan batu dan besi secara logika kita tinggal menuju kepada tuhan agar minta besi dan batu di gerak kan ke arah kita,semudah itu tok..? iya benar memang amat mudah sekali kok hidup bertuhan itu,yang menjadi masalah selama ini adalah kita tidak mengetahui dimana tuhan itu bersembunyi pada setiap diri makhluk ciptaannya sehingga kita meminta pada perbuatannya bukan kepada NYA...tuhan itu dimana mana selalu memiliki dua sipat,satu adalah tuhannya dan kedua adalah perbuatan tuhannya,tuhannya tidak bisa di lihat dengan ilmu kasyaf tetapi perbuatan tuhan itu bisa..nah perbuatan tuhan ini sajalah yang dapat kita lihat baik perbuatan tuhan nan zahir maupun perbuatan tuhan nan bathin...bagaimana metode nya,,? perbuatan tuhan nan zahir dapat di lihat melalui aku yang zahir dan perbuatan tuhan nan bathin dapat di lihat dengan AKU nan bathin pula..
aku nan zahir itu apa..? yaitu mata,telinga,hidung dan mulut yang di liputi oleh yang bernama jasad..lalu AKU nan bathin itu apa yaitu diri sebenar diri..diri sebenar diri mungkin sudah banyak yang kenal namun bathin mungkin masih belum banyak yang mengenalnya..banyak orang yang kenal dengan bathin sebagai ilmu bathin saja tetapi hakikat dan alam bathin itu mungkin masih samar samar kejelasannya,padahal dalam beberapa tarekat yang ada di indonesia ada rujukan kalimat " AKU bersama sama diri di dalam ruangan bathin..nah ruangan yang mana yang di maksud dalam rujukan ini..? nanti jika anda membaca tulisan saya ini sampai selesai maka anda akan melihat dan kenal dimana ruangan bathin tersebut.

Tuhan itu memang selalu menyembunyikan diri nya sebab tat kala nur muhammad di jadikan oleh tuhan,DIA bersembunyi terlebih dahulu dari pandangan nur muhammad tersebut,jadi telah sejak awal kejadian makhluk tuhan memang bersipat tersembunyi,tujuannya agar makhluk yang dia ciptakan timbul niat dan kehendak untuk mencarinya..mencari sesuatu pasti di dasari oleh rasa cinta atau paling tidak rasa butuh,,nah dengan begitu maka tuhan akan dapat melihat mana makhluk yang dia ciptakan tadi mencintai dan membutuhkannya mana yang tidak..ini lah pungsi sipat tuhan menyembunyikan diria nya,sampai hari ini secara hakikat nur muhammad pun masih terus mencari keberadaan tuhan tersebut pada tempat persembunyiannya,ada yang putus di tengah jalan dan ada juga yang bertemu dalam ruangan bathin tadi.
lalu dimana kah tuhan itu bersembunyi pada diri makhluk yang IA ciptakan atau khususon manusia..? bukan kah tuhan dalam beberapa hadist menyebutkan "AKU LEBIH DEKAT DARI URAT NADI MU"...jadi dalam suatu masa pada jaman nabi musa,terdapatlah seseorang yang bernama Bal'am bin bauroh,seorang murid nabi musa penggemar ilmu ilmu ghaib yang menjadi guru besarnya organisasi perdukunan dunia...dalam masa 40 tahun dia terus setiap hari kecuali tidur bertanya kepada diri nya "dimanakah tuhan itu sesunggunya bersembunyi..? bukan kah yang menggerak kan angin,air,dan api itu adalah tuhan..yang menggerak kan manusia untuk datang berguru kepada nya juga pasti adalah tuhan tiada yang lain,kenapa aku menyeru tuhan ke langit,doa ku belum lah maghbul,kenapa ketika aku menyeru tuhan ke dalam bumi pun jawabannya tak kunjung tiba,aku toleh ke kanan tak jua nampak,aku toleh ke kiri tak jua terlihat...ya tuhan aku memerlukan mu,namun aku belum mengetahui dimana engkau bersembunyi/ber maqom...kemana doa ini aku tujukan..?
lalu terdengar lah suara yang hanya di mengerti oleh bal'am bin bauroh saja dari setiap ujung perbatasan laut,dari setiap ujung puncak gunung dan dari setiap ujung bumi,suara itu jika di translate ke dalam bahasa melayu saat ini kurang lebih makna nya seperti ini " wahai laut,wahai gunung,wahai bumi..jika ada yang bertanya dimana kah AKU maka katakanlah "AKU lebih dekat dari urat nadi yang bertanya itu"..maka 40 tahun pula bal'am bin bauroh mengkaji mana urat nadi dan sampai dimana batas dan jarak urat nadi itu kepada dirinya.
dalam beberapa hadist kalimat di atas juga sudah di ketahui dan di hapal oleh sebagian besar umat islam namun sangat sedikit yang mengkaji isi sesungguhnya dari rahasia yang tuhan sampaikan ini..kebetulan dalam pelatihan mengenal diri hal ini kita kaji bareng bareng.
" AKU lebih dekat dari urat nadi mu" maksud zahirnya tuhan itu tidak pernah jauh jauh amat dari manusia sebab jika jauh jauh maka tuhan juga mengetahui bahwa manusia itu memiliki keterbatasan dan kelumpuhan untuk menemukannya,oleh sebab itu tuhan selalu bersembunyi di dekat dekat manusia itu sendiri yaitu lebih dekat dari urat nadi di tubuh manusia tersebut,jika di kenali dengan baik..kalimat di atas jelas bukan mengatakan bahwa tuhan itu ada di urat nadi sebab jika di urat nadi maka tentu akan tersebut AKU berada di urat nadi mu,sedangkan kalimat AKU berada lebih dekat dari urat nadi mu mensiratkan ada satu lagi benda kedua selain urat nadi..nah benda kedua ini lah yang lebih dekat dari urat nadi kepada diri manusia..pada benda kedua ini lah sesungguhnya tuhan itu bersembunyi..jika benda kedua ini di temukan maka kita akan menemukan keberadaan tempat/maqom tuhan itu berada pada diri manusia,setelah kita kenal benda kedua ini maka kita dapat menyeru tuhan untuk menggerak kan benda benda lain secara tepat pada tempatnya..jadi apa benda yang lebih dekat dari urat nadi kepada manusia..? benda itu lah yang bernama BATHIN atau dinamakan ruangan bathin,urat nadi gambaran kedekatannya ialah dengan berdetak,maksud saya sekali berdetak urat nadi maka dalam sepersekian detik langsung sampai ke ruh,nyawa,diri dan dampak zahirnya ke jasad atau tubuh namun masih ada jarak yaitu sepersekian detik..namun NIAT jika muncul maka tidak ada jarak dengan ruh,nyawa dan diri,niat datang langsung sampai kepada ruh,nyawa diri dan jasad,tidak ada jarak apapun..sekali terniat maka langsung miraj..jadi ketika seseorang berniat maka dia telah membathin dan ketika dia membathin maka sampai lah langsung kepada tuhannya sebab tuhan itu berada di dalam bathin ( AKU dan aku berada satu ruangan di dalam bathin) itu sebabnya jika seseorang berdoa dengan jasad dengan cara menggerak kan mulut maka di sebut doa zahir namun ketika seseorang berniat maka di namakan membathin/diri sebenar diri nya yang berdoa.

jadi jangan terlalu posesive dengan nama bathin,bukan berarti ketika seseorang menyebut ilmu bathin maka langsung konotasinya ilmu ilmu ghaib dan ilmu ilmu kesaktian..bathin itu sesunggunya ilmu ketuhanan artinya orang yang mengenal bathin maka tengah mengenal tuhannya jadi ndak ada hubungan dengan ilmu khodam dan ilmu ilmu ucapan sebenarnya.
yang kenal bathin itu adalah diri sebenar diri...jasad ini tak kenal bathin sama sekali...gambaran zahirnya ialah,sesungguhnya tuhan itu maha tau,maksudnya seseorang yang berdoa dengan menyebut nyebut tujuan doa nya secara hakikat menghilangkan sipat tuhan yang maha tau ini,tuhan itu tau apa yang kita inginkan ketika berdoa,jadi kalau di ambil pahitnya makna..mengatakan tujuan atau permintaan kita ketika berdoa adalah sebagian dari perbuatan sia sia sebab tuhan itu sudah tau kok apa yang tergerak dan tergerik ketika kita berdoa itu,maka oleh itu ada sebagain orang orang sholeh yang mengatakan,pasanglah niat ketika engkau berdoa sebab niat lebih dekat kepada tuhan dari pada ucapan..biasanya orang orang yang dapat mengenal diri maka banyak mengalami hal hal yang tak masuk logika kekinian..maksud saya baru saja dia terniat kok langsung kejadian yang terniat itu terjadi dan ketika dia berucap dalam doa kok lama banget jadi nya..ini salah satu bentuk bahwa orang orang tadi sudah mengenal bathin dan tampa sadar dia sudah menemukan tempat dimana tuhannya bersembunyi yaitu di dalam bathin..semoga paham ya...

bathin dan membathin itu tidak ada hubungannya dengan kesholehan atau ketekunan seseorang menjalankan agama nya walau pun orang yang taat ber agama secara istiqomah tentu akan mengenal jua kelak bathin ini,tetapi manusia yang tak ber agama dan tak menjalankan syariat agamanya pun banyak yang mengenal bathin,seperti musa samiri...murid nabi musa yang murtad dari agama musa..dia tetap mampu membuat patung anak sapi lalu dengan bathinnya tadi patung itu dapat bersuara seperti hewan sungguhan sehingga sebagian besar umat nabi musa pada saat itu menyembah patung tersebut,kunci nya kan siapa yang dapat menembus bathin itu maka sampai lah tembusannya kepada tuhan,tiada perduli tembusannya itu baik atau buruk maka tuhan pasti akan khabulkan sebab tuhan pun pernah berfirman " minta lah kepada KU maka niscaya akan AKU khabul kan" lho tapi kok kenapa saya sudah minta banyak kali dan sudah istiqomah namun belum juga maghbul..? jawabannya ya karena doa kita tidak menembus ke bathin dimana tuhan tadi berada pada diri setiap manusia,kalau tembus ke bathin maka sudah jutaan orang yang mengalami doa nya langsung di ijabah kok...jadi menurut saran saya dari pada menghabiskan umur puluhan tahun mempelajari ilmu ghaib tapi ndak ketemu juga fadhilat ilmu ghaib itu kan lebih elok mulai sekarang mempelajari dan mengenali secara tekun BATHIN diri masing masing,paling tidak selambat lambat nya pola pikir kita namun jika arah yang di tuju tepat maka pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan dunia dan akhirat.

Bathin itu ada kunci untuk membuka nya di sertai metode dan langkah langkah yang jelas,tidak bisa untuk membuka bathin hanya dengan kunci yang zahir seperti zikir dan bacaan bacaan mulut saja...membuka pintu bathin itu dengan niat,maksud saya seperti uraian di bawah ini

-ada 5 niat yang jika di pasangkan ke badan maka akan dapat membuka pintu bathin,semisalnya saya memasang salah satu dari lima niat itu dengan metode tertentu dan menjaga niat saya itu tetap ada selama 41 hari tampa putus tampa hilang atau tampa mengubah ubahnya maka insyaallah dalam hari ke 42 pintu bathin diri kita akan terbuka

-ada lagi jika kita memasang salah satu dari 5 niat itu dan menjaga niat kita itu selama 17 hari maka akan memperkuat bathin sehingga di gempur oleh berbagai cobaan baik yang zahir maupun yang sirr insyaallah bathinnya tidak akan apa apa.

ada lagi jika kita memasang salah satu niat dari nan 5 niat tadi dan menjaga nya agar tidak berubah ubah dari diri kita selama 7 hari maka insyaallah bathin kita dapat terhubung dengan bathin lawan jenis dan bathin guru guru baik yang masih hidup maupun yang sudah mati,baik yang berada di perkotaan maupun yang berada di alam halus

semua langkah langkah membuka pintu bathin dan mengelola apa apa isi yang terdapat dalam bathin itu memerlukan bimbingan yang terukur kadang memerlukan waktu sekitar dua bulan itupun jika tekun setiap malam berbincang dan di bimbing oleh guru,tak lupa berkat guru amat di perlukan dalam dalam menemukan bathin,ingat waktu saya dulu di kenal bathin oleh guru..tangan kiri memegang kitab rahasia diri,tangan kanan memijit kaki sang guru yang kelelahan,hampir 3 tahun saya begitu karena saya menyadari berkat guru amat di perlukan dalam mendalami kekuatan bathin,walau kitab sudah di tangan namun jujur tak juga bisa saya ungkapkan sendiri isi kitab tersebut,sekali sekala kena juga nyiyir nya guru ketika saya salah memakna'i isi kitab padahal sang guru sudah mendengkur dalam tidur karena pijitan telapak tangan saya..tapi ya itulah walau jaman sudah berubah namun yang namanya adab berguru tetap sama...saya minta ampun dan maaf atas salah dan silaf saya dalam tulisan ini,niat nya hanya agar istiqomah saja dalam ber ilmu..menulis adalah bagian dari mengamalkan ilmu dan agar ilmu yang di amalkan berfadhilat maka di haruskan istiqomah oleh guru saya,,maka saya mencoba istiqomah menulis di sela sela kedhoifan dan kelemahan saya sebagai manusia biasa yang harus mencari periuk nasi bagi anak istri...salam sayang selalu untuk kawan kawan pembaca dan pengelola blog Bertuah...assallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh