Kamis, 23 Agustus 2018

second opinion




rajaryzalkelayang@gmail.com
Semua isi dari tulisan ini hanyalah bersipat persepektif dan bukan sebagai sebuah kebenaran yang mutlak,saya coba melihat dari sudut pandang yang lain akan suatu pemahaman yang kadang kerap timbang sebelah,terutama pemahaman mengenai hal hal yang tersangkut dengan bathin,semoga dengan saya tuliskan pendapat bathin saya ini dapat membuka ruang berpikir pembaca terutama orang orang yang akrab dengan agama dan keparanormalan sehingga memiliki second opinion dalam memahami perihal yang akan saya uraikan dalam tulisan sederhana ini.
perihal pertama yang akan coba saya uraikan ialah mengenai ADANYA ILMU HITAM DAN ILMU PUTIH,seperti yang juga sudah pembaca ketahui bahwa di dunia ini tersebutlah adanya ilmu hitam dan ilmu putih,khusus untuk indonesia..ilmu hitam kerap di kaitkan dengan aktifitas perdukunan tradisional dan ilmu putih di hubung kaitkan dengan aktifitas spiritual agamis..ada satu hal yang sejak saya kecil telah sering di sampaikan oleh kiyai dan guru guru mengaji kita bahwa "sesiapa yang mendatangi dukun,orang pintar,paranormal dan yang sejenis dengan habitatnya maka selama 40 hari sholatnya tidak di terima",karena saya dulu di kampung menelan mentah mentah kalimat ini sehingga sampai umur 30 an kurang lebih,kalimat ini menjadi polemik dalam bathin saya dan saya juga percaya sebagian besar pembaca blog BERTUAH juga pasti pernah mengalami polemik mengenai hal ini walau mungkin skala nya kecil...yang menjadi polemik dalam bathin saya ialah,..ada apa dengan mendatangi orang orang yang tersebut tadi sehingga allah ta'ala tidak menerima sholat kita selama 40 hari,apakah karena orang nya,apakah karena cara hidup orang nya,apakah karena saran nya,apakah karena pakaiannya..? pada jaman sekarang seperti yang juga kita ketahui kalimat ini sudah amat banyak di sampaikan oleh para kiyai dan pak ustad baik secara langsung maupun melalui media tv atau youtube,walau sebanyak itu sudah yang menyampaikan tetapi saat coba saya tanya mengapa allah tidak menerima sholat seseorang selama 40 hari jika mendatangi dan bertanya kepada dukun,orang pintar,paranormal dan sejenisnya,namun sayangnya penjelasan mengenai "isi" kenapa tidak di terima itu tidak di berikan penjelasan secara terperinci,pokoknya begitu kata guru guru nya maka begitulah adanya atau mungkin karena pak kiyai dan pak ustad sudah memiliki jamaah dan scedule dakwah yang banyak sehingga belum memiliki waktu untuk menjelaskan "kenapa" nya itu.
lalu saya coba mengkaji nya secara otodidak dengan rujukan beberapa ilmu mengenal diri hingga sampai pada mengenal allah,..saya mulai dapatkan dampak yang tidak adil jika kalimat ini tidak kita ketahui "isi" hakikatnya,artinya...jika di pukul sama rata maka dalam posisi ini yang paling di untungkan adalah sang kiyai tentu nya walau sang kiyai itu membantu orang yang datang bertanya kepadanya menggunakan cara cara yang salah maka tetap saja sholat orang yang datang kepadanya di terima allah,saya yakin dan percaya bukan begitu 'isi'dari kalimat tersebut..!

ketika saya mendatangi seseorang untuk bertanya,curhat,meminta solusi bathin dari sebuah permasalahan yang saya hadapi tentu lah saya tidak tau dengan cara apa orang yang saya datangi itu menemukan solusi masalah saya dan karena hal ini maka setiap orang yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah tentu saja bisa merubah penampilannya agar sesuai dengan kalimat di atas tadi,sebagai contoh orang tersebut bisa saja memakai baju gamis dan surban padahal sesungguhnya saat membantu menemukan solusi masalah saya tadi dia melakukannya dengan cara cara yang akan membuat sholat nya dan sholat orang yang meminta bantuan kepadanya tidak di terima selama 40 hari..lalu jika begini,apakah saya termasuk dalam target ayat di atas tadi..? dari uraian sederhana saya di atas maka pembaca dapat mulai melihat secara terang bahwa yang membuat sholat tidak di terima jika mendatangi orang orang yang tersebut tadi bukanlah pada zahirnya atau bukan pada penampilannya luarnya/pakaian dan gaya nya..sebab jika rujukannya pada pakaian dan tampilan luar saja maka kalimat tadi akan sangat menguntungkan bagi yang berpenampilan jauh dari target kalimat tadi,dan ini akan sangat merugikan secara mutlak bagi saya dan jutaan orang orang lain yang telah ber abad abad bahkan sejak ribuan tahun lalu menjadikan bertanya,berguru dan curhat sebagai bagian utama dari penyelesaian masalah..lalu apa yang sesungguhnya allah maksudkan dengan adanya kalimat itu..?

"menurut saya..kalimat di awal tadi sangat erat hubungannya dengan jalan mengenal allah,begini lho..allah itu bagi makhluknya terdapat dua pandangan,yaitu allah yang zat dan allah yang di namai sipat..agar lebih jelas akan saya uraikan dalam bahasa kampung saja apa yang saya maksud zat dan apa yang saya maksud sipat,allah adalah tuhan,itu zat dan allah juga memiliki perbuatan atau kelakuan,itu sipat (perbuatan allah),allah berbuat menciptakan jin,berbuat menciptakan bumi,air,angin..ini perbuatan allah yang zahir,ada orang yang pengetahuan nya belum bisa sampai mengenal allah langsung semata mata,orang ini hanya baru bisa mengenal allah melalui perbuatanNYA saja,maka ketika dia berdoa maka siapapun dia walau tidak percaya akan adanya allah sekalipun/tuhan,sesungguhnya dia tetap menyadari bahwa dia itu berdoa kepada tuhan,..lha kalau dia tidak menyadari akan adanya tuhan yo ndak mungkin to dia berdoa..? nah karena dia belum mengenal allah/tuhan secara langsung hanya baru mampu mengenal perbuatan tuhan saja maka dia berdoa kepada perbuatan tuhan tersebut,seperti tuhan berbuat menciptakan jin maka orang yang belum kenal allah secara langsung ini berdoa kepada jin,tuhan berbuat menciptakan gunung,batu,kayu dan lain sebagainya maka tatkala orang yang belum mengenal allah secara langsung ini tentu berdoa hanya kepada gunung,batu,kayu dan lain sebagainya...prilaku seperti ini lah yang di identikan oleh sebagian orang sebagai dukun,orang pintar,paranorma dan sejenis dengannya..tapi nyuwun sewu nggih..yang berdoa kepada perbuatan allah/tuhan itu bukan hanya dukun dan paranormal...tampa di sadari sebagain besar kiyai dan ustad juga pernah berdoa kepada perbuatan allah ini.

jadi isi dari kalimat " sesiapa yang mendatangi/bertanya kepada dukun,orang pintar,paranormal dan sehabitat dengannya maka sholatnya selama 40 hari tidak di terima,secara hakikat dapat di makna'i sesiapa yang mendatangi/bertanya kepada orang yang membantu masalahnya dengan berdoa/meminta petunjuk tidak kepada allah semata mata maka sholatnya selama 40 hari tidak akan di terima"lalu kenapa tidak di terima..kasihan kan udah capek capek sholat selama 40 hari ndak di terima..?nah ini masuk kepada ilmu makrifat..beberapa tuan guru yang pernah saya temui berwasiat,jangan lah sekali sekali kamu berdoa kepada perbuatan allah maka batal doa mu dan dapat menyebabkan allah amat tersinggung,tuan guru saya menggambarkan dengan bahas sederhana,...kata allah,apa kurangnya AKU ini,masih adakah yang lebih agung dari AKU ini sampai sampai engkau meminta kepada perbuatan KU bukan kepada KU,rasa tersinggung ini lah yang membuat allah menolak sholat selama 40 hari tadi..sekarang saya jelaskan juga secara bahasa kampung,..seandainya anda membuat sebuah patung,begitu indah dan hebatnya patung yang anda ukir dari kayu terbaik tersebut,lalu anda pajangkan ke pameran seni budaya...begitu banyaknya orang yang mengangumi patung anda sehingga mereka lupa dengan anda,patung yang anda buat mereka puja puji tetapi anda yang membuat patung itu mereka bully dan caci maki,yang lebih tersinggung lagi,patung yang begitu indah buatan tangan anda sendiri,mereka sembah,mereka agungkan sedangkan anda sang pembuatnya mereka campak kan...saya berharap setelah anda membaca tulisan sederhana ini,anda tidak lagi memukul sama rata persepsi tentang kalimat ilmu hitam dan ilmu putih untuk anda datangi ssebagai wasilah mencari solusi.

berikutnya akan coba saya uraikan secara sederhana pula apa itu hakikat ilmu hitam dan putih yang sesungguhnya tentu dari sudut pandang bathin saya...kalau dari sudut pandang secara umum,selama ini tentu anda juga sudah mengerti bahwa ilmu hitam adalah ilmu yang menggunakan bantuan jin dan ilmu putih adalah ilmu yang meminta kepada allah..begitu kata paranormal atau kiyai kiyai selama ini..saya tidak akan menjabarkan yang sudah anda ketahui itu tetapi seperti maksud awal saya dalam menulis ini ialah,saya akan coba memberikan second opinion kepada anda ter utama mengenai hakikat atau bentuk sesungguhnya ilmu hitam dan ilmu putih,dalam second opinion ini saya tidak akan menyinggung jin sebab sesungguhnya bangsa jin itu sendiri pun tidak juga mengetahui hal hal yang ghaib,11-12 saja itu jin dan manusia..sama sama belajar juga kalau mau tau hal hal ghaib,lalu kalau tidak ada campur tangan jin dalam ilmu hitam dan tidak pula ada campur tangan malaikat dalam ilmu putih/ilmu hikmah..apa sesungguhnya yang terjadi ketika seseorang menggunakan ilmu hitam atau ilmu putih itu..?sesungguhnya yang terjadi adalah...saat seseorang menggunakan ilmu hitam maka kekuatan yang di tawarkan kannya/di kirimkannya kepada target adalah kenikmatan duniawi dan saat ilmu putih di gunakan maka sesungguhnya yang di tawarkannya kepada target adalah kenikmatan akhirat..bingung? baik saya sederhanakan...ketika saya menggunakan ilmu pengasihan versi hitam maka kekuatan yang saya masuk kan kepada wanita itu adalah hal hal yang bersipat duniawi semata,saya memasuk kan indah indahnya dunia,seperti nikmatnya birahi bersetubuh,seperti rasa seakan akan dia bersama saya akan hidup kaya raya,bayangan hidung yang macung dan alis mata yang tebal,rasa dan bayangan hal hal yang romatis (rokok makan gratis) dan kenikmatan kenikmatan duniawi lainnya,maka nya seorang yang mengkhususkan diri dalam ilmu pengasihan mesti harus berguru mengendalikan element element alam semesta,ndak cukup hanya dengan komat kamit membaca mantera saja...dan ketika saya menggunakan ilmu pengasihan versi putih maka begitu pula yang saya masuk kan adalah kenikmatan kenikmatan akhirat,seperti akan saya bangkitkan di dalam akalnya bahwa saya akan menjadi suami dan imam yang sholeh bagi wanita tersebut,saya akan bimbing dia jalan menuju surga,tak lupa saya masuk kan juga gambaran..setiap maghrib pergi sholat berjamaah bareng di masjid,hidup mulia mati bersahaja dan kenikmatan kenikmatan akhirat lainnya...begitu tok..? yo'i..ya itu begitulah cara kerja sesungguhnya ilmu pengasihan..mungkin sekarang anda belum percaya namun kelak beberapa tahun ke depan,insyaallah apa yang saya uraikan ini akan anda temui sendiri kebenarannya...itu sebabnya jika anda salah menawarkan kenikmatan kepada wanita atau pria maka ilmu pengasihan anda sehitam apapun atau seputih apapun pasti tidak akan bereaksi..lho kok begitu..? seorang wanita yang di dalam hatinya merindukan seorang suami yang dapat mengajarkannya ayat ayat suci,dapat menjadi suami yang sholeh yang akan membawanya ke surga allah,anda tawarkan kenikmatan romantis nya di pulau bali..yo mentah to..? jadi ndak ada itu ceritanya dengan kekuatan jin atau wanita nya punya ilmu pendinding dan sebagainya...kunci nya jika anda belajar mengenal element element alam semesta maka anda pasti dapat mengetahui element alam apa yang kini kuat dan di rindukan oleh wanita atau pria tersebut,dengan mengetahui hal tersebut barulah anda mesti bisa mengendalikan element element alam tersebut untuk menjadi curir bagi mantera atau doa yang anda baca dalam ilmu pengasihan.

second opinion yang ketiga yang coba isi nya kita ketahui..yaitu tentang BID'AH,..saya yakin saat anda membaca huruf bid'ah langsung anda senyum senyum ngenyek kan..hehee,..lha iya bid'ahkan semua orang sudah tau,bahkan anak kecil sekarang sudah bisa bilang bid'ah pada bapaknya yang merokok sebab rasullallah tidak pernah merokok,saya juga paham kalau yang ini..dalam tulisan kali ini saya coba mengurai hakikat bid'ah dalam versi bathin.
saya dulu pernah punya teman baik waktu masih mencari sesuap nasi segenggam berlian di pulau Batam,teman saya ini murni orang yang amat ketat agamanya,ketika saya sholat..banyak comment negative mengenai sholat yang saya lakukan yang terlontar dari saran nya,katanya saya itu sholatnya masih mengandung bid'ah,karena rasullallah tidak pernah melakukan sholat seperti itu,lengkap dengan dalil dan hadist nya...lalu saya tanya sesungguhnya bid'ah itu dalam arti yang sebenarnya apa..? dia jawab,bid'ah adalah sesuatu perbuatan ibadah baik wajib atau pun sunnah yang tidak pernah di lalukan baik gerakannya,tata cara nya maupun waktu dan tempatnya oleh baginda rasullallah,tak lupa dia mencontohkan kepada saya sebuah sholat yang terhindar dari bid'ah karena amat sesuai dengan sholat yang baginda rasullallah lakukan..perlu pembaca ketahui,teman saya ini memang saya akui ilmu hadist dan ilmu agamanya amat tinggi dan luas sebab sampai sekarang pun dia menetap di singapura menjadi guru di sebuah sekolah agama islam ternama di sana..ketika perdebatan ini berlangsung,entah dari mana asal mula nya tiba tiba saja saya teringat dengan seorang kiyai suluk di daerah tapanuli selatan,kiyai ini kerap saya datangi dulu sebagai tuan guru bagi saya dalam mendalami ilmu sholawat nabi,jadi seakan akan beliau berada di samping saya lalu menyuruh saya untuk mengikuti kata kata yang beliau ucapkan..jadi saya ikuti sajalah kata kata tersebut dan ternyata itu adaah jawaban dari berbagai lontaran bid'ah yang teman saya ini sampaikan,kurang lebih kata kata tan guru itu yang saya ikuti begini " baik kalau lah betul bid'ah menurut anda andalah segala sesuatu yang di lakukan dalam bentuk ibadah baik sunnah atau pun wajib yang tidak pernah atau tidak sama di lakukan oleh rasullallah maka walau anda sudah sesuai sekali pun gerakan,bacaan dan tata cara sholatnya dengan baginda rasullallah maka saya dapat memastikan anda juga telah bid'ah sholatnya..wah dia kaget dan ndak menyangka mungkin mendapat jawaban bid'ah dari orang yang ilmu sunnah dan ilmu agamanya jauh lebih rendah dari dia.

dia tegas berkata " buktikan kepada saya dimana bid'ah saya,dimana gerakan,bacaan dan tata cara sholat saya yang tidak sesuai dengan tata cara yang rasullallah pernah lakukan..? ingat lho ini kitab hadist shahih yang saya pegang jadi dapat di baca dimana bedanya tata cara sholat saya dengan tata cara sholat rasullallah yang tertulis dalam hadist ini..?
saya ikuti lagi kata kata tuan guru yang seolah olah berada di samping saya tadi " sekarang buktikan kepada saya,apakah benar benar kamu semua sudah benar benar sama dengan rasullallah saat sholat..sekarang saya tanya,apakah yang di pandang oleh rasullallah ketika sholat,sama dengan apa yang kamu pandang ketika sholat...sama kah apa yang rasullallah ingat saat sholat dengan apa yang kamu ingat saat sholat,...samakah apa yang rasullallah pikirkan ketika baginda sholat dengan apa yang kamu pikirkan ketika sholat...??? jika kamu lihat,yang kamu ingat,yang kamu pikirkan ketika sholat tidak pernah rasullallah lakukan ketika beliau sholat maka sholat kamu adalah sholat bid'ah..!
kaget bin terkejut binti pucat pasi wajah teman saya ini..dia kira ilmu hadistnya sunnah paling luas ternyata masih ada si tuan guru dari tapsel sana yang ilmu hadistnya jauh lebih dalam dari dia..saya lanjut mencopy pasti serta mengikuti ucapan tuan guru ini " kamu tau tidak yang kamu pelajari sholat sesuai dengan sholatnya rasullallah itu hanya mempelajari zahirnya rasullallah,kamu belum belajar bathinnya rasullallah,dalam ilmu diri..ada orang yang mengkhususkan mempelajari apa yang rasullallah lihat ketika sholat,mempelajari secara khusus apa yang rasullallah ingat,apa yang rasullallah pandang,apa yang rasullallah pikirkan ketika beliau sholat,setelah ilmu ini di kuasai barulah mereka belajar ilmu tata cara dan gerakan rasullallah itu sholat,di daerah kamu mungkin ndak ada itu yang belajar sholat agar tidak bid'ah sampai pada mengkaji bathinnya rasullallah ketika sholat tersebut...jadi jangan amat mudah mengatakan jika seseorang melakukan ibadah tidak sama seperti rasullallah lakukan maka orang itu bid'ah,kalau di dengar sama almarhum sayyidina umar,di pancung nya batang leher mu itu...hehee.
setelah sadar...saya malah ketakutan sendiri,bingung dan cemas saya sebab teman saya ini langsung sungkem dan mencium tangan saya...lha kan kebalik itu,lebih takut lagi kalau dia bertanya mengenai yang lebih dalam soal agama karena sudah tersugesti bahwa saya lebih paham dari dia..wah mau di jawab pake apa,..lha tadi kan tuan guru itu datang ndak di panggil dan ndak ada tata cara memanggilnya,apalagi beliau sudah wafat..wah gawat ini......semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk membuka kesadaran bathin kita dalam mengenal allah ta'ala...tolong jangan di jadikan sebuah pembenaran apa yang saya tulis ini sebab ini hanya sebuah pembuka pemikiran saja,jika pun ada informasi informasi dalam tulisan ini yang anda rasa bisa di jadikan ilmu di badan...mohon anda cari guru pembimbing yang betul betul ahli dalam bidang seperti ini....minta maaf banyak banyak karena pasti amat banyak kesalahan dan kedangkalan berpikir dalam tulisan saya ini.....assallammualaikum warahmatullahi wabarakatuh